Selasa, 19 Desember 2017

Diam Dan Lawan

DIAM DAN LAWAN
Oleh: Arnold Ev. Meaga

Kerja Menghasilkan Revolusi

Dalam kerja-kerja perjuangan pembebasan suatu bangsa yang sedang berada dalam keadaan, kondisi, dan situasi terjajah, di butuhkan kerja-kerja nyata dalam rangka melawan musu-musu yang pada umumnya kita ketahui diantaranya, Kolonialisme, Imperialisme, Kapitalisme dan Militarisme. Ada juga tipe-tipe manusia yang pandai dalam melawan musu dengan cara menulis/atau membuat tulisan-tulisan perlawanan dan sejenisnya. Ada pula tipe manusia yang pandai dalam beretorika (Pidato), namun dalam hal tulis-menulis mereka tidak terlalu pandai dalam merangkai kata-kata yang baik dan tepat. Dan ada pula manusia yang mampu melawan musu dengan cara menulis dan beretorika, artinya serba bisa dalam dua bidang sekaligus (Beretorika & Menulis).

Tipe Manusia Yang Pandai Dalam Tulis Menulis Namun Tak Pandai Dalam Beretorika

Tipe manusia model ini adalah manusia yang pandai dan cerdas dalam menulis, merangkai kata-kata untuk sebua tulisan-tulisan yang bersifat perlawanan terhadap musuh. Namun dalam beretorika yang baik tidak dapat di lakukan oleh mereka dalam keadaan beretorika seperti halnya demonstrasi di tempat-tempat aktivitas ruang publik sosial dan sejenisnya. Oleh karena proses nalar mereka tidak dapat berjalan dengan baik di karenakan kebisingan aktivitas ruang publik sosial dan gerogi, sehingga mereka tidak dapat beretorika dengan baik pada saat di lapangan. Oleh sebab itu manusia model ini hanya dapat menggagaskan perlawanannya dengan cara-cara tulis-menulis, sebab proses kerja nalarNya akan bekerja pada saat ia tenag dan nyaman tanpa adanya kebisingan apapun itu. Dengan begitu ia dapat menggagaskan pemikiran perlawanannya melalui tulisan-tulisan yang ia produksi sendiri dari pemikiranNya pula.

Tipe Manusia Yang Pandai Dalam Beretorika Namun Tak Pandai Dalam Tulis Menulis


Manusia model ini adalah manusia yang pandai dalam beretorika dengan kata-kata yang baik dalam ruang publik sosial dan sejenisnya. Akan tetapi mereka kurang dalam tulis-menulis sebua tulisan-tulisan perlawanan yang efektif karena mereka jarang membiasakan diri dalam tulis-menulis, namun mereka pandai dalam beretorika dengan baik guna mengimplementasikan perlawanan terhadap objeknya (Musu).

Tipe Manusia Yang Pandai Dalam Beretorika & Tulisan Menulis

Manusia model ini adalah manusia yang pandai dalam  menulis serta beretorika, mereka ini adalah model manusia yang banyak melakukan aktivitas literasi, banyak berpikir, mentalitas yang penuh dengan optimis dan sejenisnya, sebab pada hakikatnya mereka manusia ini adalah tipe manusia yang aktif pada kedua sisi tersebut dalam berpikir cara menulis yang baik dan efektif, serta cara beretorika yang baik di lapangan publik sosial itu sendiri, mereka ini sebagian besar terdiri dari aktivis kemanusiaan.

Revolusi Akan Terjadi

Revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun dapat memakan waktu lama. Misalnya revolusi industri di Inggris yang memakan waktu puluhan tahun, namun dianggap 'cepat' karena mampu mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat —seperti sistem kekeluargaan dan hubungan antara buruh dan majikan— yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

Revolusi menghendaki suatu upaya untuk merobohkan, menjebol, dan membangun dari sistem lama kepada suatu sistem yang sama sekali baru. Revolusi senantiasa berkaitan dengan dialektika, logika, romantika, menjebol dan membangun. Sehingga revolusi sangat di butuhkan bagi mereka bangsa-bangsa yang masi hidup di bawa garis penjajahan kolonialisme, imperialisme, kapitalisme dan militarisme. Namun sebuah revolusi tersebut harus di isi dengan tindakan dan kerja-kerja nyata dari berbagai macam aspek seperti tulis-menulis, melakukan demonstrasi dengan cara beretorika yang baik dalam rangka menyampaikan tuntutan, bergeriliya dan sebagainya demi tercapainya revolusi dan ideal itu sendiri atas bangs-bangsa yang membutuhkanNya, terutama rakyat bangsa West Papua.

Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi

 Hasil gambar untuk Perlawanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBUNUHAN DAN MUTILASI WARGA SIPIL PAPUA

Pembunuhan Dan Mutilasi 4 Warga Sipil  Pembunuhan dan Mutilasi  4 Warga Sipil di Timika adalah kejahatan kemanusiaan, segera tangkap dan Adi...